Langsung ke konten utama

JURUSAN DISMK TELKOM SANDHY PUTRA BANJARBARU

Sekolah yang bernama SMK TELKOM SANDHY PUTRA BANJARBARU ini biasa dikenal dengan sebutan SKATEL. Disekolah ini memiliki 2 jurusan, yaitu TI dan juga NA atau pada saat sekarang disebut TKJ dan TJA.

ABOUT TI atau TKJ
Jurusan TI (Teknologi Informasi) atau saat sekarang disebut sebagai TKJ( Teknik Komputer dan Jaringan) memiliki pelajaran yang wajib dijalani sesuai dengan jurusan ini, yaitu:
KKPI,LAN,PEMPROGRAMAN DELPHI,PASCAL,WEB DESIGN, JAVA, CLI,GUI,PRAPC,INPC,dan banyak hal lainnya. Untuk Jurusan ini menurut saya merupakan suatu jurusan yang penuh dengan tantangan. Apa lagi disini saya belajar dari 0 dan sampai sekarang banyak hal yang saya dapat. Untuk jurusan ini harus memiliki semangat yang full untuk menyelesaikan banyak tugas, dibalik tugas tersebut merupakan bekal buat kami, karena setiap pelajaran jurusan ini selalu bersangkut paut atau memiliki hubungan. Pengalaman saya diJurusan ini adalah awalnya begitu banyak hal yang saya inginkan seperti santai,tidur,liburan. Namun setelah mengikuti jurusan ini saya selalu ingin bekerja, bekerja, dan bekerja untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan belajar karena waktu santai yang saya inginkan ternyata bukanlah hal yang baik untuk masa depan saya. Dijurusan ini saya sadar begitu banyak waktu yang terbuang jika saya membuang waktu. Jurusan ini mengajarkan saya bahwa waktu itu merupakan kesempatan untuk mendapatkan banyak hal ilmu untuk masa depan. Dijurusan ini banyak teknologi yang mulai saya kenal dan saya pelajari. Membuat program access,buat tampilan web, membuat kabel rj 45, mengenai fungsi kabel cross,mengenal jaringan, mendesign gambar, mengenal linux, dan juga banyak hal lainnya. TKJ merupakan suatu jurusan yang memiliki banyak keistimewaan dan memiliki tantangan yang sungguh banyak, karena disini saingan untuk berhasil banyak. TKJ tempat kamu mengenai banyak teknoligi didunia. Jika kamu ingin mengentahuinya perdalamlah ilmunyaJ

MATPEL PEMPROGARAMAN:
Mata Pelajaran ini adalah pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan yang susah. Jika dari awal tidak memperhatikan langkahnya, karena materi ini akan diajarkan dari awal sampai kita bisa menguasainya dan setelah itu tugas-tugas menanti. Materi ini membutuhkan banyak waktu karena banyak yang harus diperhatikan. Terutama dalam membuat program, kelas 1 kita akan diajarkan mengenai OS, dan MS.ACCESS,PASCAL,JAVA dan DELPHI. Sungguh puas jika program dapat berjalan dengan lancar, dan kemudian tidak terjadi eror atau debug. Tapi jika dipikirkan sungguh hebat jika program dapat berjalan dengan lancar dalam waktu yang singkat. Materi ini membutuhkan konsentrasi, kreatif, dan banyak hal. Bahasa komputer atau yang lebih dikenal dengan nama bahasa pemprogramman (programming language)
 merupakan software yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa Pemprograman adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram atau memerintahkan komputer.

PENDAPAT WIKIPEDIA MENGENAI PEMPROGRAMAN?
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Bahasa Pemrograman dibagi menjadi Empat Level Bahasa yaitu:
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa tingkat rendah (low level language), Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa tingkat menengah (Middle level language), Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa tingkat tinggi (high level language),  Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

MATPEL WEB DESIGN
Desain web adalah sekumpulan keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam membangun dan memelihara sebuah website. Disiplin ilmu dan keterampilan dalam bidang desain web meliputi 5 hal yaitu :
  1. Desain grafis
    Desain grafis ini berhubungan dengan bagaimana visualisasi grafis yang akan ditanamkan dalam sebuah website yang tentunya mencakup tentang penggunaan kombinasi warna, jenis tulisan, gambar yang digunakan sampai dengan kesesuaian dengan konsep yang akan dibuat.
  2. Desain tatap muka/interface
    Desain web juga tidak terlepas bagaimana sebuah website bisa berinteraksi dengan pengunjung melalui rancangan tatap muka yang terstruktur agar informasi yang disampaikan sesuai dengan harapan
  3. Penyusunan konten
    Tentunya selain visualisasi grafis dan tatap muka yang baik, konten yang dipublikasikan juga harus berkualitas dengan cara penentuan topik yang sesuai serta cara penyusunan yang baik.
  4. Penulisan kode
    Ini berhubungan dengan bagaimana sistem penyajian informasi bisa bekerja stabil dan maksimal, tanpa ada gangguan dan dapat digunakan pada kondisi yang dinamis. Kondisi dinamis disini mengarah kepada keragaman jenis pengunjung dan teknologi maupun perangkat yang digunakan.
  5. Optimalisai mesin pencari atau yang sering disebut dengan SEO (Search Engine Optimization).
    Agar informasi yang disampaikan bisa menyebar seluas-luasnya serta mengundang banyak pengunjung tentunya penggunaan teknik SEO yang baik sangat diperlukan.
PENDAPAT WIKIPEDIA TENTANG WEB DESIGN?
Perancangan web (web design) adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.

MATPEL LAN ( LOCAL AREA NETWORK )
Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.

Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.
PENDAPAT WIKIPEDIA MENGENAI LAN?
LAN bisa merujuk kepada:
  1. Local Area Network, (Jaringan Area Lokal, istilah komputer)
  2. Wireless LAN / WLANJaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Network)
  3. Lembaga Administrasi Negara, salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen) Republik Indonesia
  4. STIA LAN, (salah satu sekolah tinggi).
  5. LAN Airlines, Maskapai Penerbangan, Amerika Selatan.
  6. Kailan, (sejenis sayuran)
  7. lan (istilah bahasa Jawa)











Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SURAT PERMOHONAN KEPUTUSAN ORGANISASI BEM FH UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG

Praktek Membuat Aplikasi Jadwal Pelajaran Kelas

Langkah-langkah membuat  nama project1: 1. Membuat Project1 dengan membuat nama aplikasi 2. Menentukan lokasi penyimpanan aplikasi yang telah dibuat. 3. Mengubah Gambar Logo Aplikasi  4. Memilih Blank Activity guna dapat mengedit action bar 5. Tampilan Awal Aplikasi Pada Eclipse Langkah-langkah memasukkan kode kedalam eclipse dan hasil   tampilan awal aplikasi 6. Siapkan menu untuk aplikasi JadwalPelajaran, masuk directory   res/menu   lalu edit   main.xml Dengan koding sebagai berikut : < menu xmlns:android = "http://schemas.android.com/apk/res/android" >            < item                android:id = "@+id/action_senin"                android:orderIn...

MEMBUAT DENAH SEKOLAH

Hal utama yang harus dilakukan ialah mengetahui luas gedung, kemudian mengukur panjang lebar, serta jarak ruang antara ruang kelas dan tangga juga ruangan lain. Dalam hal mengukur diberitahukan bahwa orang yang mengukur gedung harus teliti. Berikut hasil denah saya yang diajarkan oleh kak fahrie: