Buku Pedoman
Pendidikan Sitem Ganda
(PSG) / Magang
SMK Telkom Sandhy Putra
Banjarbaru
Yayasan
Sandhykara Putra Telkom
Tahun 2014
BUKU PEDOMAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) / MAGANG
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan Sistem Ganda
(PSG) / Magang adalah secara umum bentuk kerja sama antara SMK Telkom Sandhy
Putra Banjarbaru dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DUDI) atau Instansi yang
berkompeten dalam praktek kerja / magang di lapangan, uji praktek kompetensi
dan sertifikasi bagi siswa. Secara khusus bertujuan mempersiapkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian dengan tingkat pengetahuan, keterampilan
dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan Dunia Usaha/ Industri (DU/
DI) dan adanya pengakuan berupa pemberian sertifikat.
SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru
dibawah pembinaan Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) menjalin kerjasama PSG
dengan PT. Telkom Indonesia Tbk. Pelaksanaan PSG ini didasari pada perjanjian
kerjasama (MoU) antara PT. Telekomunikasi Indonesia dengan Yayasan Sandhykara
Putra Telkom Nomor :TEL. 175/ HK810/ HRC60/ 2012 dan Nomor: PKS. 09/ PDD/
DPPP-YSPT/V/2012. Tentang : PELAKSANAAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) Terhadap Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di
bawah pembinaan YSPT untuk diberikan kesempatan guna memanfaatkan fasilitas
TELKOM melalui Pendidikan Sistim Ganda.
B. TUJUAN
Secara umum sebagai
pedoman
dalam pelaksanaan
Pendidkan Sistem Ganda (PSG) / magang.
C. RUANG LINGKUP
Prosedur kegiatan praktikum magang diterapkan untuk siswa magang , Koordinator PSG, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kemahasiswaan dan Hubin, Kepala Program Studi, Guru
Pembimbing, Guru Penguji, Pembimbing Lapangan dan DUDI atau Instansi tempat magang yang terlibat
pada pelaksanaan magang pada Program Magang SMK Telkom Sandhy Putra
Banjarbaru.
Ruang lingkup pekerjaan magang mencakup bidang
sebagai berikut :
1. Untuk semua Sistem Jaringan Akses : tembaga,
radio dan fiber optic (FO).
(1) Instalasi
(2) Operasi dan Pemeliharaan
(3) Pasang Baru
(4) Penanganan Gangguan
(5) Administrasi Pelaporan.
2. Untuk semua Sistem Jaringan Komputer
(1) Perakitan dan Perawatan PC (Maintenance PC)
(2) Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi
(3) Perancangan dan Pembuatan Jaringan Komputer
berbasis kabel dan nirkabel
(4) Instalasi Sistem Operasi Jaringan
(5) Desain Grafis menggunakan Corel Draw dan Adobe
Photoshop
(6) Aplikasi perkantoran
D. TATA
TERTIB MAGANG
1. Setiap peserta diwajibkan untuk hadir setiap
hari kerja, sesuai dengan jadwal kerja yang telah ditetapkan oleh kantor yang
bersangkutan , termasuk waktu istirahat serta mentaati peraturan yang berlaku
dikantor setempat.
2. Setiap peserta diwajibkan untuk melaksanakan
tugas dengan baik, disiplin, bertanggungjawab dan melaporkan hasilnya kepada
pembimbing PSG.
3. Setiap peserta tidak diperkenankan menggunakan
fasilitas–fasilitas dinas baik telepon, faksimail, komputer, dan lain-lain
tanpa seijin kepala kantor / pembimbing lapangan untuk kepentingan pribadi.
4. Apabila terjadi sesuatu yang mengakibatkan tidak
dapat mengikuti kegiatan (sakit, urusan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan)
maka yang bersangkutan diwajibkan untuk melapor dan minta ijin kepada
pembimbing PSG lapangan tembusan guru pembimbing di sekolah dan menyerahkan
bukti fisik surat baik surat sakit dari dokter atau surat ijin dari anggota
keluarganya yang berkompeten.
5. Selama PSG, setiap peserta diwajibkan untuk
memakai baju seragam PSG yang telah ditetapkan SMK Telkom Sandhy Putra
Banjarbaru.
6. Selama PSG, setiap peserta diwajibkan untuk
memelihara kekompakan, kerukunan serta diwajibkan untuk memelihara / menjaga
nama baik SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru serta kantor tempat PSG.
7. Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan yang
ditugaskan oleh pembimbing PSG, seperti upacara, apel pagi, senam dll.
8. Setiap peserta wajib mengganti segala
kerusakan/ kerugian yang diakibatkan oleh kesalahan / kelalaian oleh siswa
PSG yang bersangkutan.
E. GURU PENGANTAR DAN
PEMBIMBING PSG
Guru dari SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru
memiliki tugas dan wewenang:
Sebagai Pengantar:
1. Mendata jumlah siswa dan tempat pelaksanaan PSG
2. Mengkoordinasikan pelaksanaan PSG dengan dunia
usaha/ industri (industri telekomunikasi dan non telekomunikasi) tentang
kegiatan tersebut
3. Mengantarkan siswa ke tempat tujuan PSG
4. Menjelaskan ruang lingkup PSG kepada pembimbing
lapangan PSG
5. Mencatat Alamat Kantor, Email/ Nomor Telepon
Pembimbing Lapangan DU/ DI untuk kepentingan data base
Sebagai Pembimbing:
1. Memonitor pelaksanaan PSG
2. Memberikan bimbingan selama kegiatan PSG
berlangsung baik melalui media elektronik maupun non elektronik, lisan maupun
tulisan seperti berkomunikasi lewat telepon, surel, jejaring grup PSG dan web
update.
3. Membantu memberikan alternatif solusi bagi
siswa yang memiliki permasalahan di bidangnya masing-masing selama pelaksanaan
PSG
Pembimbing lapangan/Supervisor
Adalah karyawan yang ditunjuk oleh pimpinan DUDI
atau kepala instansi yang berkompotensi sesuai bidang keahlian yang dimiliki
siswa.
Tugas dan wewenang
pembimbing lapangan adalah :
1. Membimbing dan mengarahkan pelaksanaan tugas.
2. Memberi penilaian atas hasil kerja siswa yang
menyangkut sikap, pengetahuan dan keterampilan.
3. Memberi tugas yang harus dilaksanakan siswa PSG
4. Mengevaluasi seluruh kegiatan dan laporan
kegiatan siswa selama PSG.
F. KEWAJIBAN
SEKOLAH DAN SISWA
Kewajiban sekolah
1. Membuatkan Surat Keputusan (SK) panitia
pelaksana, pembimbing dan penguji magang.
2. Memberi bimbingan, arahan dan petunjuk secara
keseluruhan mengenai pelaksanaan magang.
3. Menanggung biaya pengajuan asuransi bagi siswa
yang mengikuti magang.
4. Menanggung biaya guru pengantar dan penjemput,
guru pembimbing dan penguji.
5. Merencanakan dan mengkoordinasikan magang.
Kewajiban siswa
1. Melaksanakan PSG sesuai dengan ketentuan
sekolah maupun dunia industri telekomunikasi tempat PSG.
2. Menaati semua peraturan yang berlaku di kantor
magang.
3. Menanggung sendiri biaya akomodasi dan
transportasi selama pelaksanaan magang.
4. Mencari kos bagi yang magang diluar kota.
5. Membayar uang SPP seperti biasa.
G. DETAIL PROSEDUR
1. PERSIAPAN MAGANG
a. Siswa secara informal melakukan survey lapangan untuk menjajagi tempat
magang
yang dituju.
b. Siswa
mengisi
Surat/Angket Permohonan
Magang yang terlebih dahulu disetujui dan ditanda tangani oleh orang tua
(bermaterai Rp. 6.000,-).
c. Siswa membuat proposal magang (khusus DUDI /
instansi nontelkom) yang berisi spesifikasi keterampilan personal yang dimiliki
dan keterampilan yang ingin diperoleh di DUDI /Instasi sesuai dengan kompetensi
program keahliannya.
d. Kepala Program Studi memverifikasi proposal
Magang yang akan diajukan sesuai dengan kompetensi keahlian.
e. Siswa
mengajukan surat permohonan magang dan proposal magang yang telah diverifikasi kepada
Ketua PSG yang diketahui Wakil Kepala bidang
Kesiswaan dan Hubin.
f. Ketua PSG menyetujui usulan magang dan menerbitkan surat permohonan magang kepada DUDI/
instansi yang dituju dan diproses oleh sekretaris
PSG.
g. Siswa menyerahkan surat pemohonan magang dan
proposal ke
DUDI / Instansi tempat magang.
h. DUDI / Instansi tempat magang mengirimkan surat balasan
diterima atau tidak dapat merealisasikan
magang bagi siswa PSG.
i. Apabila surat
balasan DUDI / Instansi magang tidak
dapat merealisasikan maka siswa dapat mengajukan permohonan ke DUDI / Instansi
lain yang kompeten
j.
Sekretaris PSG menerbitkan Surat Tugas Melaksanakan Magang dari
Kepala Sekolah kepada siswa yang
memenuhi syarat kenaikan kelas ke kelas XII.
k. Siswa yang magang di luar kota atau tidak
mempunyai keluarga di kota tersebut harus mendapatkan kos terdekat dengan
kantor sebelum serah terima.
l. Siswa
berkoordinasi dengan guru pengantar yang telah ditentukan untuk mengatur jadwal
serah terima magang.
m. Siswa datang ketempat praktek kerja diantar
oleh guru pengantar, memperkenalkan diri kepada kepala kantor serta stafnya dan
memberikan penjelasan tentang teknis pelaksanaan PSG.
n. Mendengarkan pengarahan dari kepala kantor
tentang organisasi, SDM, ruang lingkup pekerjaan, peraturan-peraturan kedinasan
dan perangkat yang berada di bawah tanggung jawabnya. Pada kesempatan ini
kepala kantor juga memperkenalkan petugas yang menjadi pembimbing siswa di
lapangan.
o. Pembimbing membawa siswa untuk mengenal
lingkungan kerjanya.
p. Pembimbing bersama siswa menyusun program kerja
dan mekanisme pelaksanaannya.
q. Pembimbing memberikan pengarahan dan penjelasan
sebelum siswa mulai bekerja.
r. Siswa melaksanaan magang.
s. Dokumen dan perlengkapan yang dipersiapkan
yaitu :
(1) Mengisi Surat Pernyataan sanggup mengikuti
aturan di perusahaan/kantor bermaterai Rp. 6.000,00.
(2) Menyiapkan Foto Warna ukuran 3x4 (2 lembar) dan
2x3 (2 lembar)
(3) Memprint buku jurnal magang
(4)
Bergabung di Grup Magang Facebook : the 1 4 U
(untuk informasi magang)
(5) Bergabung di Grup Line : PSG sk@tel
2014
(media sosial dan tanya jawab seputar tugas)
(7) Mendownload
file daftar guru pengantar, guru pembimbing laporan, kelompok presentasi
laporan dan jadwal presentasi di grup Magang Facebook.
(8) Pakaian seragam atau pakaian sesuai ketentuan
di tempat magang (sopan dan Rapi)
(9) Memprint atau membaca "Buku Pedoman Pendidikan Sistem Ganda".
2. SELAMA PELAKSANAAN MAGANG
a. Siswa mengisi buku jurnal harian dengan ditandatangi pembimbing lapangan setiap hari
kerja.
b. Mengirimkan foto atau scan rekap jurnal harian
setiap 1 minggu dan foto kerja magang ke email Googlegroups : skatel-psg14@googlegroups.com
c. Siswa konsultasi pekerjaan dan pembuatan
laporan awal magang dan sharing via facebook, line dan googlegroups.
d. Siswa mengambil satu topik pekerjaan untuk
dijadikan bahan laporan sesuai pekerjaan yang didapat dengan ruang lingkup yang
dipersempit.
e. Diakhir setiap tugas yang mengambarkan suatu
sub kompetensi dilakukan evaluasi dan penilaian, dan hasilnya dicantumkan dalam
penilaian buku jurnal.
f. Siswa diwajibkan membuat laporan hasil PSG yang
format penyusunannya ditetapkan oleh SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dan
akan diadakan evaluasi dan dinilai oleh pembimbing lapangan dan guru pembimbing
sekolah.
g. Siswa bersama guru penjemput magang
berkoordinasi dengan pihak kantor untuk penjemputan.
h. Pada hari terakhir masa PSG siswa dan guru
penjemput melaporkan secara singkat hasil semua kegiatan PSG kepada kepala
kantor dan sekaligus menyampaikan salam perpisahan.
i. Dokumen dan perlengkapan yang dipersiapkan diakhir
magang yaitu :
Siswa
(1) Membuat daftar hadir selama 3 bulan magang.
(2) Meminta penilaian pada lembar akhir jurnal kepada
pembimbing lapangan.
(3)
Meminta tanda
tangan lembar pengesahan awal laporan kepada pembimbing dan kepala kantor (di cap/stempel).
(4) Meminta pembimbing mengisikan survey kepuasan
magang.
(5) Wajib meminta sertifikat atau surat
keterangan melaksanakan magang.
Guru Pembimbing
(1) Daftar siswa, lokasi magang dan kelompok
bimbingannya beserta no. telp yang dapat dihubungi.
(2) Mendapatkan Buku Pedoman Pendidikan Sistem Ganda.
Guru Penjemput
(1) Daftar siswa yang akan dijemput beserta kontak
person kantor dan lokasi.
(2) Form Tindak Lanjut Magang untuk pelaksanaan
magang di masa yang akan datang.
3. SETELAH MAGANG
a.
Siswa
berkonsultasi dengan guru pembimbing yang telah ditentukan.
b. Siswa membuat laporan dengan materi yang
disetujui oleh pembimbing DUDI/ Instansi dan guru pembimbing
c.
Petunjuk pembuatan
laporan mengacu kepada Buku Pedoman Pendidikan Sistem Ganda.
d.
Siswa yang
telah beberapakali konsultasi dan disetujui siap untuk melaksanakan presentasi
laporan.
e.
Siswa membuat
slide power point laporan.
f.
Mengetahui kelompok,
jadwal dan ruang presentasi.
g.
Mengetahui penguji
laporan
h.
Menyiapkan
2(dua) audience dari kelas X (1 anak) dan kelas XI (1 anak)
i.
Setiap
kelompok menyiapkan snack untuk penguji
dan audience (sesuai kemampuan)
j.
Siswa
mempresentasikan laporannya dan diujikan oleh guru penguji dari TJA dan TKJ
serta penguji independen dari guru lain yang kompeten.
k.
Siswa
mencatat saran dan masukan yang diberikan untuk revisi laporannya jika ada
penambahan atau kesalahan konsultasikan dengan guru pembimbing.
l.
Laporan yang
telah direvisi dan fix harus sudah terurut dari cover sampai lampiran (semua tanda tangan telah dilengkapi mulai
dari pembimbing, penguji, kepala kantor, dan kepala sekolah) siap untuk di
dokumentasikan.
m.
Siswa
mengumpulkan laporan kepada sekretaris PSG untuk diinventaris.
n.
Laporan yang
dikumpul dicek kembali kelengkapan, urutan dan struktur penulisannya.
o.
Laporan siap
dijilid.
p.
Dokumen dan
perlengkapan yang harus disiapkan :
Siswa :
(1)
Siswa harus
membayar SPP minimal sampai dengan bulan terakhir magang.
(2)
Lembar
Konsultasi
(3)
Lembar
pengesahan yang telah ditanda tangani.
(4)
Fotocopy
Laporan sebanyak 2 berkas untuk penguji.
(5)
Slide
presentasi
(6)
Lembar
Penguji yang telah ditanda tangani
(7)
Laporan yang
telah direvisi dijadikan 2 bentuk yaitu :
· Bentuk Softcopy PDF dalam 1 file terurut dari
cover sampai lampiran. Lembar asli yang tidak bisa dijadikan PDF dapat discan
atau difoto. PDF dikirimkan ke:
ridhosmart07@gmail.com & ahmadtaufiq760@gmail.com
· Bentuk Hardcopy Laporan dijilid hardcover
sebanyak 2 buah yaitu yang asli dan fotocopy. Laporan harus sudah terurut dari
cover sampai dengan lampiran dikumpulkan ke sekretaris PSG yang mengkoordinir
penjilidan.
(8)
Berkas
lampiran dengan urutan :
· Fotocopy dan scan sertifikat atau surat
keterangan
· Jurnal asli.
· Lembar penilaian/nilai magang dari pembimbing
lapangan asli.
· Daftar hadir magang asli.
· Lembar konsultasi asli.
· Survey kepuasan magang asli.
· Foto magang sebanyak 2 buah.
Guru Penguji :
(1) Daftar nama, kelompok, jadwal dan nomor ruang
pengujian.
(2) Lembar penilaian pengujian.
(3) Fotocopy laporan siswa yang akan diuji.
(4) Daftar hadir siswa yang diuji dan audience.
q.
Sekretaris
PSG mengumpulkan nilai magang siswa yaitu nilai dari pembimbing lapangan, nilai
penguji dan presentasi laporan.
r.
Nilai yang
telah terkumpul diolah dan diberikan ke wali kelas XII.
s.
Siswa magang
memperoleh nilai magang dan dituliskan pada rapor semester V.
t.
Siswa
menyerahkan laporan yang telah dijilid kepada :
(1)
Instansi
Magang
(2)
Perpustakaan
G. SUSUNAN LAPORAN :
1. HALAMAN
JUDUL
2. LEMBAR
PENGESAHAN
Pada lembar pengesahan, siswa menyiapkan format
pengesahan oleh 2 orang
pembimbing (lapangan dan sekolah) yang diketahui oleh kepala kantor
setempat dan format untuk dewan penguji sekolah yang diketahui oleh kepala
sekolah.
3. KATA
PENGANTAR
Mencakup ucapan puji syukur, terima kasih dan lain-lain yang menyangkut
pelaksanaan magang.
4. DAFTAR ISI
Mencakup urutan dari halaman judul sampai lampiran. (Contoh terlampir)
5. DAFTAR
TABEL (jika ada)
6. DAFTAR
GAMBAR (jika ada)
7. DAFTAR
LAMPIRAN
8. BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Membuat
gambaran secara umum tentang perkembangan teknologi komunikasi, dampaknya pada
aspek sosial budaya masyarakat, peran SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dalam
pendidikan dan yang melatar belakangi pelaksanaan magang.
B. Tujuan
1.
Tujuan Pelaksanaan Magang
2.
Tujuan Pembuatan Laporan
C. Batasan
Masalah
Mencakup batasan
masalah yang ruang lingkupnya dipersempit terkait dengan hasil praktek kerja.
D. Metode
Mencakup yang
digunakan dalam pengumpulan data laporan diantaranya metode praktikum, metode
observasi, metode wawancara dan metode kepustakaan
E. Manfaat
Pendidikan Sistem Ganda
1.
Manfaat bagi siswa
2.
Manfaat bagi Dunia Industri (DUDI)
9.
BAB
II. LANDASAN TEORI
Berisikan teori yang mendukung pekerjaan dan penyelesaian masalah pada
BAB III.
10. BAB III. HASIL PRAKTEK KERJA
A. Gambaran
Umum Perusahaan/Kantor/Instansi
B. Pekerjaan
yang dilakukan
C. Prosedur
Kerja
D. Permasalahan
yang dihadapi
E. Pemecahan
Masalah
11. BAB IV. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran/Rekomendasi
1.
Saran
bagi tempat magang
2.
Saran bagi sekolah
12. DAFTAR PUSTAKA
13. LAMPIRAN
Urutan lampiran dapat dilihat pada dokumen dan perlengkapan
setelah magang halaman sebelumnya.
H. SISTEMATIKA PENULISAN
1. Bahan dan Ukuran
Naskah
diketik pada kertas HVS kwarto ( 22 x 30 cm ). Sampul dibuat dari kertas
buffalo atau yang sejenis, diperkuat dengan karton dan dilapisi plastic (Hardcover). Tulisan yang terletak pada
sampul sama dengan halaman judul. Warna sampul untuk laporan magang berwarna
MERAH dengan cetak warna tulisan timbul dipermukaan.
2. Pengetikan
a.
Jenis huruf : Times New Roman 12 pt. Jenis huruf lain
diperbolehkan Cambria 12pt, Arial 11pt dan Book Antiqua 11pt. Naskah laporan
diketik tidak bolak balik dengan ketikkan jarak antara dua baris adalah 1,5 spasi. Kecuali kutipan langsung,
judul tabel, nama gambar, daftar pustaka diketik dengan jarak antar baris 1
spasi.
b.
Batas tepi ( margin )
è
Tepi atas : 4 cm è
Tepi kiri : 4 cm
è
Tepi bawah : 3 cm
è
Tepi Kanan : 3 cm
c. Hurup
pertama setiap paragraf diidentasikan/ dimasukan dengan tujuh ketukan huruf dari
batas kiri naskah dan diketik tegak. Bila ada kata dalam bahasa asing atau
belum ada terjemahannya maka kata tersebut diketik miring.
d. Singkatan
- singkatan seperti dll, tsb, Jl, dst, s.d dan sebagainya tidak diperbolehkan
dalam penulisan laporan.
e. Judul,
sub-judul, anak sub-judul dan lain-lain
Judul
diketik dengan jelas, serta sesingkat mungkin; tanpa diakhiri titik; bisa
dimungkinkan menggunakan jenis
font dan ukuran
font yang tidak
sama dengan body text. Penomoran bab
harus disertakan dengan jelas. Sub-judul, anak
sub-judul, sub anak
sub-judul diketik dengan
jelas, serta sesingkat
mungkin; tanpa diakhiri titik; bisa
dimungkinkan menggunakan jenis font dan ukuran
font yang tidak sama dengan
body text dan judul. Penomoran bab / anak
sub-bab / sub anak sub-bab harus
disertakan dengan jelas.
f. Gambar,
Grafik, dan Tabel
Diletakkan simetris
Ã
center serta diberi nama/penjelasan dan
nomor yang
mengacu
pada nomor bab dimana gambar, grafik,
atau tabel tersebut berada.
g. Penulisan
Bullets & Numbering
Sebisa mungkin hindari menggunaan strip atau bullet.
3.
Penomoran
a. Bagian awal
Laporan, mulai dari
halaman judul sampai
dengan halaman daftar lampiran
diberi nomor halaman dengan angka Romawi
kecil yaitu i, ii, iii, iv dan
seterusnya ditempatkan ditengah - tengah kaki halaman.
b. Bagian utama
dan bagian akhir,
mulai dari PENDAHULUAN
sampai dengan halaman terakhir, diberi nomor halaman dengan angka Arab, yaitu 1, 2, 3
dan seterusnya ditempatkan di pojok kanan atas halaman. Jika terdapat judul bab,
maka nomor halaman ditempatkan ditengah-tengah pada kaki halaman / bawah.
c. Pembuatan
penomoran pada penulisan naskah laporan penunjukan hierarki yang dimaksudkan
sebagai berikut.
Contoh :
I. Bagian tingkat pertama
A. Bagian tingkat kedua
1. Bagian tingkat keempat
a. Bagian tingkat kelima
1).
Bagian tingkat keenam
a).
Bagian tingkat ketujuh
(1).
Bagian tingkat kedelapan
(a). Bagian tingkat kesembilan
d. Nomor
dan nama Gambar, dan Grafik
Gambar
diberi nomor dengan angka arab,
didahului dengan angka BAB, diikuti nomor urut dari kecil ke besar, tanpa
diakhiri dengan titik. Nama Gambar
diletakkan simetris di
bawah gambar. Sedapat
mungkin keterangan gambar diketik pada halaman yang sama.
Contoh :
Gambar
nomor 1
dari BAB III bernama Pengupasan Kabel Serat Optik , maka
penulisan nama gambar adalah : Gambar 3.1 Pengupasan Kabel Serat Optik
e. Nomor
Daftar atau Tabel,
Aturan penomorannya sama dengan penomoran gambar.
Bedanya nama dan nomor tabel diletakkan simetris di atas tabel.
f. Nomor
persamaan
Nomor urut
persamaan yang berbentuk rumus
matematis, reaksi kimia
dan
lainnya, ditulis dengan angka Arab di dalam
kurung, dan ditempatkan di dekat
batas
tepi kanan
Contoh
:
E = m.c2 (1)
4.
Bahasa
a. Bahasa
yang dipakai ialah bahasa Indonesia
baku, sesuai dengan tata bahasa yang
baik dan benar.
b. Penulis atau
penyusun Laporan tidak boleh
menggunakan kata / istilah saya, namun harus menggunakan istilah
penulis, dan sedapat mungkin digunakan kalimat pasif.
c. Istilah
asing yang memang belum ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia,
atau kalau diterjemahkan ke bahasa
Indonesia mempunyai pengertian lain, kata itu diketik seperti kata asli, tetapi
diketik miring.
Misalnya : fiber optic diketik fiber optic.
5.
Penulisan
Acuan
Jika suatu kalimat
atau rumus diambil lengkap dari
buku acuan, maka perlu dan harus disebut pengarang dan
tahun penerbitan buku.
Contoh :
Sebuah kalimat lengkap
diambil dari buku
Dasar-dasar Teknik dan
pemrograman CNC karangan
David Gibbs, terbitan
tahun 1991, sebagai berikut : Tidaklah
mungkin menghilangkan keterlibatan
manusia secara total dari proses pemesinan.
Catatan:
derajat kesarjanaan pengarang tidak perlu ditulis.
Maka penulisannya adalah
sebagai berikut :
alternatif 1
Menurut David Gibbs
(1991), tidaklah mungkin menghilangkan keterlibatan manusia secara
total dari proses pemesinan.
atau, alternatif 2
Tidaklah mungkin
menghilangkan keterlibatan manusia
secara total dari proses pemesinan (Gibbs, 1991)
Bila pengarang
buku tersebut lebih
dari satu, maka
dapat ditulis sebagai
berikut:
Menurut David Gibbs dkk (1991) , tidaklah menghilangkan keterlibatan
manusia secara total
dari proses pemesinan.
atau
Menurut David Gibbs et al (1991), tidaklah menghilangkan keterlibatan manusia
secara total dari
proses pemesinan.
6.
Penulisan Daftar Pustaka
(Bibliografi)
Daftar
Pustaka dibuat secara lengkap dari buku yang dijadikan referensi, pengarang,
judul buku, tahun percetakan dengan sistematika tertentu. Daftar pustaka
disusun berdasarkan urutan alfabet, berturut-turut dari atas ke bawah, tanpa
menggunakan angka arab (1,2,3, dan seterusnya). Baris kedua dan selanjutnya
diketik menjorok ke dalam pada ketukan yang ke tujuh.
a. Sumber
acuan : Buku
Cara
penulisan daftar pustaka sebagai berikut:
1. Tulis
nama pengarang (nama pengarang bagian belakang ditulis terlebih dahulu, baru
nama depan)
2. Tulislah
tahun terbit buku. Setelah tahun terbit diberi tanda titik (.)
3. Tulislah
judul buku (dengan diberi garis bawah atau cetak miring). Setelah judul buku
diberi tanda titik (.).
4. Tulislah
kota terbit dan nama penerbitnya. Diantara kedua bagian itu diberi tanda titik
dua (:). Setelah nama penerbit diberi tanda titik
Contoh
:
Sumber
acuan berupa buku dengan judul The PC Configuration
Handbook Acomplete Guide to Troubleshooting, Enchancing, and Maintaining Your
PC, 2nd Edition karangan John
Woran, terbitan tahun
1990, penerbit Bantam Books,
Toronto.
Maka Penulisan daftar pustaka adalah:
Woran, J., 1990. The PC Configuration Handbook Acomplete
Guide to Troubleshooting, Enchancing, and Maintaining Your PC, 2nd
Edition. Toronto : Bantam Books
Contoh lain :
Amperiyanto,Tri. 1993. Sri
Penuntun Praktis Melindungi Data dan Hard Disk. Jakarta : Elekmedia Komputindo
b. Sumber
acuan : Jurnal/Laporan
à Pengarang,
tahun penerbitan, Judul
Jurnal, Kelompok Jurnal,
Volume: halaman.
Contoh
:
(dari
jurnal dengan judul The
Science of Product
Develepment dari jurnal
dengan kelompok bidang ilmu industrial technology, volume jurnal 44 dari
halaman 178 sampai dengan halaman 183)
Hodgson, J.,
Surtiman, A. dan
Pearce, S., The Science of Product
Develepment, Industrial Technology, 44:178-183.
Contoh
lain :
Kusumaningsih,
Tyasari, 2012, Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di PT. Pramindo Ikat Nusantara (PINs) Jakarta tentang
Pembuatan Aplikasi dengan Menyertakan
Komponen Active Data Object Dalam Delphi dan Smart Building. Laporan tidak
dipublikasikan. Banjarbaru : SMK Telkom Sandy Putra Banjarbaru,
c. Sumber
acuan : artikel dari situs di internet
Tidak
diperbolehkan alamat URL secara umum misalnya: www.google.com
1)
Artikel umum dari internet dengan nama
à Penulis, tahun, judul artikel, [jenis
media], alamat website (diakses tanggal …).
*) Judul artikel harus ditulis miring
Contoh
:
Winarko, E.
____, Penulisan Sitasi pada Karya Ilmiah, [pdf], http://ewinarko.staff.ugm.ac.id/metopen/modul6-daftarpustaka.pdf, (diakses
tanggal 17 September 2008 )
2)
Artikel umum dari internet tanpa nama
à Anonim, tahun, judul artikel, [jenis
media], alamat website (diakses tanggal …).
*) “Anonim” dapat diganti dengan
“_____”. Judul artikel harus ditulis miring
Contoh
:
_____, 2011, Deskripsi Produk Telkom Speedy, [online],
http://telkomspeedy.com/product-description, (diakses pada tanggal 1 September 2014)
September 2013.
I.
PENUTUP
Demikian Buku Pedoman Pendidikan Sistem Ganda (PSG) /
Magang ini dibuat mudah-mudahan dapat mempermudah pelaksanaan magang bagi
seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan magang tersebut.
Contoh sampul laporan :
L A P O R A N
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
INSTALASI
dan PENANGANAN GANGGUAN Teknis
SENTRAL
TRUNK / APLIKASI CCAN
di
PT TELKOM BANJARBARU, KALIMANTAN SELATAN
Diajukan untuk melengkapi Persyaratan Dalam Menyelesaikan Pendidikan
Pada Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Sandhy Putra
Banjarbaru
Dibuat
Oleh :
AHMAD
TAUFIQ
NIS
: 123456
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TELEKOMUNIKASI
SMK TELKOM SANDHY
PUTRA BANJARBARU
TAHUN
2014
Contoh Lembar Pengesahan Pembimbing :
LEMBAR PENGESAHAN
Disetujui
untuk dilaporkan dihadapan Tim Penguji Prestasi Akademik
Program
Studi ……………………… Sekolah Menengah
Kejuruan
Telekomunikasi
( SMK TELKOM ) Sandhy Putra
Banjarbaru
Pada Tanggal : ………………. 2014 Pada
Tanggal : ………………. 2014
Pembimbing Lapangan: Pembimbing
Sekolah
1.
…………………………….
2. ……………………………
NIK : ………………………………… NIK : ………………………………
Mengetahui
Kepala Kantor ……………….
(
……………………………………………)
NIK :
……………………….
Contoh lembar pengesahan
pengujian.
Telah dipertahankan di hadapan dewan Penguji
Prestasi Akademi
Program Studi ……………………… Sekolah
Menengah Kejuruan Telekomunikasi
( SMK TELKOM ) Sandhy Putra Banjarbaru
Pada Tanggal
: …… Oktober 2014
Dewan Penguji :
1.
< Nama Penguji
1> 1 : ……………………………..
2.
< Nama Penguji
2> 2.: ……………………………..
Mengetahui:
Kepala SMK Telkom Sandhy
Putra
Banjarbaru
Abdul Karim, S.H, M.IKom
NIK. 7638155
Komentar
Posting Komentar